:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Selasa, 22 April 2008

Profil Dan Sejarah Berdirinya Masjid

SEJARAH BERDIRINYA

Berawal dari mushola kecil yang tidak muat lagi menampung jamaah, dan mengingat perlunya sarana beribadatan yang lebih luas dan representatif di wilayah Toyan dan sekitarnya, akhirnya mushola itupun menjadi cikal bakal berdirinya masjid, yang memang masih sangat sedikit jumlahnya pada waktu itu. Masjid Al Hikmah Toyan memulai pembangunannya pada Mei 1985 dan berdiri di atas lahan kurang lebih 265 m persegi. Dengan adanya masjid yang cukup luas dan representatif tersebut, selain menjadi sarana peribadatan Umat Islam, Masjid Al Hikmah diharapkan juga dapat digunakan sebagai pusat segala bentuk kegiatan, pembentukan karakter umat dan dan juga memiliki fungsi sosial.

PROFIL MASJID
a. Nama Masjid : Al Hikmah Toyan
b. Jalan : KH. Wahid Hasyim KM.
0,3c. Desa : Triharjo
d. Kecamatan : Wates
e. Kabupa
ten : Kulon Progof. Kode Pos : 55651
g. Website : www.alhikmahtoyan.blogspot.com
h. Facebook Group : The Big Family of Al Hikmah Toyan :: Sanggar Seni “ABATA”
UN
IT KEGIATAN MASJID
D
alam perkembangannya, sebagai langkah antisipasi akan kebutuhan masjid sebagai pusat kegiatan dan pusat pergerakan, mengharuskan Masjid Al Hikmah Toyan untuk berbenah dan selalu memperbaiki diri baik dari sisi bangunan, sisi kegiatan, maupun dari sisi warga masjid untuk selalu meng-upgrade keilmuan tentang nilai substantif keislaman.

Dengan mengusung j
argon ”Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan terbentuklah beberapa Unit Kegiatan Masjid diantaranya :
a. Takmir Masjid
b. Taman Pendidikan Al Qur’an
c. Remaja Islam Masjid
d. Sunday Morning Community
e. Pengajian Ibu-ibu
f. Sanggar Seni “ABATA”
g. Radio Komunitas Suara Ramadhan “88 MHz”
h. AHITO Futsal Club
i. AHITO Badminton Club
j. Perpustakaan ABATA Book Corner
k. Kelompok Tadarus Al Qur’an
MASJID SEBAGAI PUSAT PERGERAKAN
Melihat permasalahan sosial yang berkembang sekarang ini, seperti kenakalan remaja, kemiskinan, nampaknya Masjid Al HIkmah Toyan juga harus segera mengambil peran semaksimal mungkin guna mengatasi masalah tersebut, diantaranya menggalak
kan lagi pengajian-pengajian baik rutin maupun Perayaan Hari Besar Islam, pengoptimalan zakat, infak, shodaqoh, berkoordinasi dengan masjid sekitar dan organisasi lain baik formal maupun informal. Selain itu kegiatan non rutin, yang bersifat insidental untuk menghindari kejenuhan, diantaranya outbond, hiking, cycling, tadabbur alam, mewarnai, melukis, badminton, futsal, pementasan teater, pembuatan film.
Website ini hadir, sebagai sarana berbagi tentang kegiatan masjid yang ada. Mari bersama merapatkan barisan, perbaiki sarana prasarana masjid, lalu pusatkan semua kegiatan di masjid. Buat unit kegiatan masjid sesuai dengan potensi dan keinginan jamaah. Setiap unit kegiatan masjid yang ada, perlu kiranya dibentuk suatu kepengurusan, sebagai sarana latihan tanggung jawab atas kegiatan tersebut.

Akhirnya semoga website ini dapat bermanfaat. Tingkatkan ukhuwah, jalin silaturahim dan koordinasi, saling berbagi dengan tukar informasi, saling memotivasi dan jaga istiqomah. *[adm]

Facebook Comments
4 Blogger Comments