:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Sabtu, 14 Mei 2011

Pembentukan Watak Dan Karakter Sejak Dini

Jumat, 13 Mei 2011, selepas Shalat Isya’, salah satu Unit Kegiatan Masjid Al Hikmah Toyan, yaitu pengajian ibu-ibu, melaksanakan pengajian rutin Malam Sabtu. Pada malam itu, pengajian disampaikan oleh H. Ali Munawir, S.Pd.I.

Dalam kesempatan tersebut, Ali Munawir menyampaikan pentingnya peran keluarga, sebagai tempat penanaman nilai-nilai subtantif keislaman sejak dini. Keluarga adalah tempat pertama bagi anak dalam hal pembentukan watak dan karakter. Saat ini, di era transformasi teknologi yang semakin canggih, tidak dapat dipungkiri, sangat berpengaruh pada pola pikir anak.

Hal itu, jika tidak diimbangi dengan penanaman nilai keislaman, akan menimbulkan permasalahan dikemudian hari. Dengan terbatasnya pelajaran agama yang diperoleh dalam jenjang pendidikan formal yaitu sekolah, Ali Munawir, menyampaikan tips diantaranya :
1. Berikan tambahan ilmu agama di rumah.
2. Masukkan anak ke Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA).
3. Bimbing anak selama belajar di rumah.
4. Berikan bimbingan dan kasih sayang yang utuh di rumah.
5. Jangan biarkan anak mencari pelarian di luar rumah.
6. Pantau anak selama selama bermain di luar rumah.

Lebih lanjut, Ali Munawir menambahkan, yang tak kalah penting adalah doa restu dari orang tua. Mohon kepada Alloh SWT, agar anak yang diamanahkan tersebut, dapat menjadi Qurrotan A’yun, bertaqwa kepada Alloh SWT, menjadi kebanggaan, dapat ”mikul dhuwur mendhem jero [jw]”, serta dapat menjadi Anak Saleh yang dapat mendoakan orang tuanya, baik selama hidup maupun ketika sudah meninggal. Semoga .. Aamiin. *[adm]

Facebook Comments
2 Blogger Comments