:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Sabtu, 25 Juni 2011

Manifestasikan Ibadah Dalam Kehidupan Sehari-Hari

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Firman Allah SWT dalam Al Qur’an, QS. Adz Dzariyaat : 56, ” dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku”.

Dalam ayat tersebut, Allah SWT menjelaskan bahwa tujuan penciptaan makhluk bernama jin dan manusia adalah untuk mengabdi. Secara lebih bebas mengabdi dapat diartikan sebagai beribadah kepada Sang Pencipta, Allah Azza wa Jalla. Hal tersebut disampaikan oleh H. Jamaluddin, B.Sc, pada Pengajian Rutin Ibu-ibu pada Jumat malam, 24, Juni 2011 selepas Shalat Isya’.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah, sebagai manusia apa yang harus kita lakukan untuk mengimplementasikan ayat tersebut. Sebagai abdi, tugas yang harus kita lakoni adalah beribadah kepada Sang Khalik. Dan jadikan, segala aktivitas yang kita lakukan sebagai ibadah dimata Allah SWT.

Islam itu Kaffah. Semua tata kehidupan sudah diatur sedemikian rapi dan komplit dalam Islam, bahkan sampai dengan hal-hal yang kecil. Ibadah tidak hanya melulu pada seputar ibadah mahdhah saja.

Senyatanya, pemahaman dan paradigma yang terjadi dikalangan kita adalah bahwa ibadah itu hanya mencakup aktivitas seputar shalat, puasa. Padahal lebih dari itu, bahwa semua aspek kehidupan ini dapat bernilai ibadah. Tentu harus disertai dengan persyaratan tertentu diantaranya, niat yang baik dan sesuai dengan tuntunan.

Oleh karenanya, mari jadikan semua tingkah laku dan kegiatan yang kita lakukan menjadi ibadah dimata Allah SWT. Allohu A’lam. *[adm]

Referensi : Pengajian Ibu-ibu | Shalat Cegah Perbuatan Keji dan Mungkar

Facebook Comments
0 Blogger Comments