:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Sabtu, 18 Juni 2011

Shalat Cegah Perbuatan Keji Dan Mungkar, Solusi Krisis Moral

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Firman Allah AWT QS. Al Israa : 1, ”Maha suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha ...”.

27 Rajab, kurang lebih 1400 tahun yang lalu, Rasululloh SAW telah diperjalankan oleh Allah SWT melalui peristiwa Isra’ Mi’raj. Dalam peristiwa itulah, diperintahkan shalat 5 waktu.

Mengingat betapa pentingnya sholat lima waktu, tidak seperti perintah ibadah lainnya yang disampaikan melalui Malaikat Jibril, perintah shalat disampaikan Allah SWT kepada Rasulullah SAW, Sang Maksum, secara langsung.

Hal itu disampaikan oleh H. Ali Munawir, S.Pd.I, dalam pengajian rutin ibu-ibu yang biasa digelar setiap Jumat selepas Shalat Isya’ di serambi Masjid Al Hikmah Toyan, Jumat 17 Juni 2011.

Firman Allah SWT dalam QS. Al ’Ankabuut : 45, Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. dan Sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain), dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Pertanyaannya kemudian adalah, bagaimana shalat yang sudah kita lakukan. Sudahkah sesuai dengan yang dituntunkan Rasululloh SAW, atau baru sekedar ritual harian dan mengesahkan kewajiban.

Mengingat pentingnya shalat, sudah selayaknya kita senantiasa memperbaiki kualitas shalat kita, sampai kepada kadar mencegah perbuatan keji dan mungkar. ”Selalu perbaiki kualitas shalat kita kepada Allah SWT”, kata Ali Munawir.

Ali menambahkan, shalat bukan hanya sekedar kewajiban. Lebih dari itu, jadikan shalat sebagai kebutuhan. Shalat menjadi solusi akan krisis moral. *[adm]

Referensi : Mahasiswa Abadi | Krisis Moral Hilang Kepribadian | Masjid Pusat Kegiatan

Facebook Comments
5 Blogger Comments