:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Selasa, 18 Oktober 2011

Kota Ilmu Pengetahuan – Masa Keemasan Islam (1)

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Para Sahabat memilih hidup sederhana demi menimba ilmu dari setiap wahyu yang diterima Rasulullah. Madinah, Kota ini merupakan tempat hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah setelah di kejar kaum kafir Qurais.

Di tengah kota ini pula Masjid An-Nabawi dibangun oleh Rasulullah SAW, beserta para sahabatnya. Masjid ini hidup secara dinamis selama 24 jam. Melalui masjid inilah Rasulullah SAW mengajarkan Islam kepada para Sahabat. Bahkan beliau sengaja menyiapkan balik-balik di sudut masjid bagi mereka yang ingin mendalami ilmu.

Dalam sejarah di sebutkan bahwa para sahabat yang memilih kehidupan ini di sebut sebagai Ahl Al Suffah. Mereka memilih hidup sederhana demi menimba ilmu dari setiap wahyu yang di terima Rasullah. Seluruh waktu mereka di pergunakan untuk hal-hal yang bermanfaat dan seluas-luasnya untuk memahami ajaran Islam.

Salah seorang dari mereka ada yang terkenal karena pengetahuan dan hafalannya tentang Hadist-hadist Nabi seperti Abu Hurairah. Madinah ketika itu dikenal sebagai pusat pendidikan ajaran Islam. Mereka yang ingin mendalami ajaran Islam datang ke kota ini. Sebab, di kota ini selain ada Rasulullah juga banyak sahabat utama yang siap mengajari Islam.

Pada masa sebelum Islam berkembang, kota Madinah bernama Yatsrib, dikenal sebagai pusat perdagangan. Secara geografis, kota ini datar yang dikelilingi gunung dan bukit bukit serta beriklim gurun. Suhu tertinggi berkisar antara 30 °C sampai 45 °C pada waktu musim panas, dan suhu rata-rata berkisar antara 10 °C sampai 25 °C. *[adm]
Referensi : Suara Hidayatullah | Wikipedia

Facebook Comments
0 Blogger Comments