:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Jumat, 27 Mei 2011

Percepatan Transfer Ilmu

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Puji syukur kepada Sang Khalik, Alhamdulillah karena dalam (1) satu minggu ini beberapa santri kelas Abu Bakar yang telah jilid 6 naik ke kelas Al Qur’an.

Dampak positif ini nampaknya disebabkan karena, santri TPA yang baru memasuki Iqro’ jilid 4, jilid 5, jilid 6 banyak yang mengikuti tadarus rutin setiap malam Ahad. Awalnya, tadarus ini dikhususkan bagi Remaja Islam Masjid dan Santri TPA yang telah bisa membaca Al Qur’an. Namun dengan alasan percepatan transfer keilmuan maka sasaran pesertanya pun diperluas.

Bagi santri TPA yang baru jilid 4, jilid 5, jilid 6, hal ini bukan sesuatu yang mudah. Setiap tadarus rutin itu, dengan terbata-bata dalam membaca Al Qur’an, akhirnya dalam pembelajaran rutin TPA yang diselenggarakan setiap Selasa, Kamis, Sabtu, mereka menjadi lebih lancar menjalani proses tingkatan Iqro’.

Beberapa tahun terakhir pun target telah dicanangkan. ”Maksimal kelas 6 Sekolah Dasar (SD), adik-adik TPA harus sudah bisa membaca Al Qur’an”, kata Aan Direktur TPA. Hal ini bukan tanpa alasan, dengan semakin tingginya pendidikan anak, maka kegiatan pun akan semakin banyak, pengaruh lingkungan dan teman juga semakin besar. Sehingga mutlak membaca Al Qur’an dan dasar-dasar keislaman harus sudah dimiliki santri TPA Al Hikmah Toyan di usia itu.

Pesan yang selalu disampaikan, bahwa kenaikan tingkat dari Kelas Iqro’ ke Juz 1 kelas Al Qur’an bukan akhir dari mempelajari Al Qur’an. Lebih semangat. *[adm]

Facebook Comments
0 Blogger Comments