:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Selasa, 21 Agustus 2012

Ketupat Dan Gema Takbir Di Malam 1 Syawal 1433 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Menyambut hari kemenangan setelah selama 1 (satu) bulan berpuasa, Remaja Islam Masjid (Rismas) Al Hikmah Toyan adakan tradisi kupatan dan takbir keliling pada malam 1 Syawal 1433 Hijriyah.

Untuk kegiatan kupatan, persiapan sudah dilaksanakan 1 hari menjelang hari H, yaitu mulai malam Sabtu, 10 Agustus 2012 diantaranya dengan pembuatan wadah ketupat, kemudian dilanjutkan pada pagi harinya dengan pembuatan ketupat bersamaan dengan kegiatan penerimaan zakat, infak dan shodaqoh.

Adapun kupatan sendiri dilaksanakan pada malam 1 syawal 1433 Hijriyah. Kegiatan kupatan diisi dengan laporan penerimaan zakat, infak dan shodaqoh 1433 Hijriyah, dan takbir bersama serta kupatan.

Sementara itu, seusai kupatan, agenda dilanjutkan dengan pelaksanaan takbir keliling. Berbeda dengan pelaksanaan takbiran keliling tahun kemarin yang hanya memakai bedug, takbiran keliling tahun ini dimeriahkan dengan alat band. ”Supaya lebih meriah, kita membawa alat band untuk memeriahkan acara takbiran”, kata Guntur salah satu pemain musik yang juga Remaja Islam Masjid Al Hikmah Toyan.

Iman, salah satu panitia takbiran mengatakan bahwa untuk rute takbir keliling pada tahun ini dapat diatur lebih leluasa, pasalnya Lebaran tahun ini bersamaan. ”Kita bersyukur karena waktu lebaran bisa bersamaan, sehingga tidak perlu memilih jalur,” jelasnya. Untuk menghormati saudara muslim lainnya yang belum lebaran, tahun kemarin pelaksanaan takbiran harus menghindari jalur tertentu, lanjut Iman.

Adapun rute pelaksanaan takbiran sendiri dimulai dari gerbang masjid menuju arah nagung, kemudian keselatan arat jalan daendels kebarat menuju arah pantai Glagah Indah. Perjalanan dilanjutkan ke utara arah kedundang kemudian dilanjutkan ke timur menuju Masjid Agung Wates. Rombongan berhenti di Masjid Agung Wates untuk beristirahat. Perjalanan kemudian dilanjutkan mengitari Kota Wates diakhiri ke arah selatan menuju Nagung berbelok kekiri menuju Masjid Al Hikmah Toyan.

Harapannya, dengan pelaksanaan takbiran kali ini dapat memberikan kesan mendalam kepada peserta yaitu dari Remaja Islam Masjid dan Santri Taman Pendidikan Al Quran. *[adm]

Referensi : Takbiran 1431 H | Esensi Idul Fitri

Facebook Comments
0 Blogger Comments