:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Rabu, 22 Agustus 2012

Menyambung Silaturahim Dengan Halal Bil Halal

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Salah satu agenda rutin yang dilaksanakan Keluarga Besar Al Hikmah Toyan setelah pelaksanaan Shalat Idul Fitri adalah silaturahim halal bil halal sebagai bagian dari menyambung silaturahim.

Kegiatan dimulai kurang lebih pukul 08.30 WIB, bertempat diserambi Masjid Al Hikmah Toyan. Seperti biasa, pelaksanaan halal bil halal selalu dipenuhi oleh jamaah dan warga baik yang berdomisili di Toyan maupun yang berasal dari perantauan, baik di Lampung, Kalimantan, Sulawesi, Jakarta, Bandung ataupun dari Yogyakarta.

Silaturahim Halal bil Halal diikuti kurang lebih sekitar 300 jamaah, adapun Infak yang berhasil dikumpulkan pada pertemuan tersebut adalah Rp. 703.000,- dan sedianya akan dipergunakan sebagai kas Takmir guna mendukung pelaksanaan kegiatan baik fisik maupun non fisik.

Kegiatan diawali dengan sambutan dan laporan dari Ketua Takmir terkait penyelenggaraan  Ramadhan Mubarrak 1433 Hijriyah, Drs. Slamet Riyadi. Dalam laporannya disampaikan kegiatan mulai dari Pra Ramadhan, Ramadhan sampai dengan Halal bil halal pada kesempatan pagi hari tersebut.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya, pada pra ramadhan meliputi, Perbaikan fisik tempat wudhu, pengecatan, pembuatan aksesoris masjid dan pengajian pra Ramadhan. Sementara itu untuk kegiatan selama Ramadhan diantaranya Turnamen Badminton Ramadhan Cup ke-1, Siaran Radio Komunitas Suara Ramadhan 88 MHz, Kuliah Subuh, Pengajian Jelang Buka Puasa dan Buka Puasa Rutin, Kajian Silaturahim Remaja sebanyak 2 kali, Buka Puasa anggota Panitia Penyelenggara Shalat Ied (PPSI) yang diikuti 15 Masjid dan Mushala, Tarawih dan Kultum Remaja, Tadarus Quran dan  Khataman Al Quran yang berhasil mengkhatamkan 5 kali, Pengajian Nuzulul Quran, Pengelolaan ZIS, Kupatan dan Takbir Keliling dan pelaksanaan Halal Bil Halal.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan laporan pengelolaan Zakat, Infak dan Shodaqoh, serta penerimaan infak subuh yang dikumpulkan selama ramadhan yaitu sebesar Rp. 3.691.000,-. Dan sedianya infak tersebut akan dipergunakan untuk pembangunan fisik masjid. ”Seluruh zakat infak dan shodaqoh sudah diserahkan kepada yang berhak menerima, khusus untuk infak subuh akan dialokasikan untuk pembangunan jalan dan pemlesteran tembok masjid”, ungkat Slamet.

Sementara itu Tunjangan Hari Raya (THR) juga disampaikan kepada Remaja Islam Masjid dan Santri Taman Pendidikan Al Quran sebagai bagian dari Pembinaan Generasi Muda dan Kader, lanjutnya.

Lebih jauh, Slamet berharap bahwa jamaah masjid yang berada di luar kampung halaman tetap bisa mengetahui informasi terkait perkembangan dan situasi masjid dapat memantau melalui website yaitu di www.alhikmahtoyan.blogspot.com, atau di facebook group dengan alamat The Big Family of Al Hikmah Toyan.

Sebagai pembina generasi muda dan kader sebagai asset perjuangan di masjid Al Hikmah Toyan Slamet juga berterima kasih dan memohonkan maaf remaja dan angkatan muda kepada majelis taklim Ibu-ibu yang telah membantu Remaja Islam Masjid (Rismas) dalam hal pengadaan Konsumsi untuk buka puasa selama Ramadhan 1433 Hijriyah.

Sambutan diakhiri dengan permohonan maaf, apabila dalam penyelenggaraan Ramadhan banyak terdapat kesalahan baik fisik maupun non fisik serta berharap semoga pelaksanaan Ramadhan Mubarak 1434 Hijriyah Lebih Baik. Lebih lanjut Slamet mohon doa dan restu kepada jamaah yang hadir agar generasi muda, kader penerus perjuangan diberikan kekuatan dan keistiqomahan dalam menuntut ilmu dan memajukan masjid ke arah yang lebih baik. Kegiatan diakhiri dengan Doa dan ikrar syawalan yang dipimpin oleh H. Ali Munawir, S.Pd.I, untuk selanjutnya dilanjutkan dengan berjabat tangan seluruh jamaah yang hadir.

Semoga dengan halal bil halal tali silaturahim yang telah ada tetap terjaga, baik jamaah yang ada di kampung halaman maupun yang berada diluar daerah. Dipanjangkan umurnya dan dihapuskan dosanya oleh Allah SWT. Aamiin. *[adm]

Referensi : Saatnya pembuktian diri | Esensi dan pemaknaan Idul Fitri

Facebook Comments
0 Blogger Comments