:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Selasa, 28 Agustus 2012

Makkah Dan Madinah, 2 Tanah Haram

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Di dunia ini terdapat 2 (dua) daerah yang mendapat sebutan khusus berupa Tanah Haram, yaitu Kota Makkah dan Madinah. Makkah adalah kota kelahiran Nabi Muhammad SAW, sedang Madinah tempat wafat beliau.

Khusus untuk penyebutan Tanah Haram Makkah, ia memiliki banyak nama dan julukan dalam ayat Al Qur’an. Sedang dalam literatur Bahasa Arab, ketika ada sesuatu yang memiliki ragam nama dalam penyebutan, hal itu menunjukkan keistimewaan dan kemuliaan sesuatu tersebut. Berikut ini adalah nama lain dari tanah yang diharamkan sekaligus disucikan tersebut.

Pertama, Makkah. Inilah nama yang paling masyhur di kalangan Umat Islam. Makkah berasal dari kata ’makka-yamukku’ yang bermakna mengeluarkan isi otak dari kerangka kepala manusia. Secara historis dengan iklim dan alam yang sangat sulit, penduduknya dahulu harus berjuang keras agar survive. Dalam riwayat lain, kenapa disebut Makkah, sebab ia akan mengeluarkan dan menghancurkan orang yang berbuat zalim didalamnya.

Kedua, Bakkah. Bakkah adalah nama lain Kota Makkah. Ada beberapa riwayat yang menerangkan penamaan tersebut. Salah satunya apa yang disebut oleh Ad Dhahhak, bahwa Bakkah berasal dari turunan kata Al Bakku yaitu sesak atau ramai. Ia disebut demikian karena tumpah ruahnya umat Islamke tanah ini ketika mereka datang beribadah dan thawaf mengelilingi Ka’bah. Dalam riwayat lain, Bakkah bermakna menghancurkan tulang belakang. Sebab, keberadaannya menjadi jaminan bagi siapa yang menentang akan terusir atau mengalami kehancuran.

Ketiga, Ummur Qura. Ibnu Katsir menjelaskan, Makkah disebut Ummul Qura, sebab ia adalah kota yang paling mulia diseluruh dunia dan paling dicintai Nabi SAW. Dalam riwayat lain, Makkah disebut Ummul Qura, karena ia menjadi induk bagi seluruh wilayah didunia ini. Ia menjadi pusat kota yang setiap tahunnya didatangi oleh jutaan manusia dari penjuru dunia. Bahkan ada pula yang menyebutnya sebagai kota tertua di dunia.

Keempat. Al Balad Al Amin. Dalam Surat At Tin [95] : 3. Ketika menafsirkan ayat tersebut, Ibnu Abbas berkata, Al Balad Al Amin adalah kota Makkah. secara tersurat Allah SWT bersumpah menjamin kota Makkah sebagai kota aman. Makkah juga akan aman serta terbebas dari Dajjal menjelang Hari Kiamat.

Kelima, Al Baldah. Nabi menyatakan jika Makkah adalah daerah yang telah disucikan langsung oleh Allah SWT. Hal tersebut juga merupakan bentuk pengabulan doa Nabi Ibrahim yang secara khusus mendoakan kota ini.

Semoga kita semua diberikan kesempatan untuk memenuhi panggilan-Nya. Berziarah ke kota suci nan aman ini dengan melaksanakan salah satu Rukun Islam yang kelima yaitu haji. Aamiin. *[adm]

Referensi : Kota Ilmu Pengetahuan | Suara Hidayatullah

Facebook Comments
1 Blogger Comments