:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Kamis, 15 Agustus 2013

Zakat Infak Shodaqoh 1434 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Rabu, 14 Agustus 2013 sebagai bagian dari Masjid sebagai pusat dakwah, Takmir Masjid Al Hikmah adakan pengelolaan zakat, infak dan shodaqoh tahun 1434 Hijriyah di serambi Masjid Al Hikmah Toyan.

Penerimaan zakat, infak, dan shodaqoh sendiri sudah dimulai pada pagi hari yang pada saat yang bersamaan dilakukan pembuatan ketupat lebaran untuk acara kupatan pada malam 1 Syawal 1434 Hijriyah. ”Penerimaan ZIS sudah dimulai Sabtu pagi ini, dan rencananya mulai bakda Shalat Maghrib, zakat fitrah, maal dan shodaqoh sudah dapat disalurkan bagi yang berhak,” kata Suwito, salah satu Amil pengelolaan ZIS Al Hikmah Toyan.

Penerimaan zakat fitrah pada tahun ini adalah sejumlah 640 Kg dan uang sejumlah Rp. 720.000,- dari wajib zakat 292 orang. Zakat tersebut sedianya akan disampaikan kepada para mustahiq sejumlah 39 orang disekitar Masjid Al Hikmah Toyan. Adapun sebagian dari zakat ini akan disalurkan melalui Pimpinan Cabang Muhammadiyah Wates Selatan untuk kemudian akan diteruskan ke wilayah-wilayah yang minim zakat di Kabupaten Kulon Progo.

Suwito menjelaskan bahwa mustahiq pada tahun ini mengalami penurunan dari 43 orang yang menerima pada tahun lalu menjadi 39 orang. Hal ini diindikasikan bahwa kemampuan masyarakat secara finansial dapat dikatakan lebih baik. Harapannya, di tahun-tahun mendatang penerima zakat fitrah akan lebih sedikit bahkan menjadi nol.

Tidak banyak memang, zakat yang dikelola. Namun setidaknya semua harus dimanage sedemikian rupa dengan baik dan benar. Sehingga Zakat, Infak dan Shodaqoh pada tahun ini benar-benar dapat dioptimalkan keberadaannya. Indahnya berbagi. *[adm]

Referensi : ZIS 1433 H

Facebook Comments
0 Blogger Comments