:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Senin, 06 Juni 2011

Sabar Dan Istiqomah, Kunci Sukses Ustadz

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Sabtu, 04 Juni 2011, selepas pembelajaran Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA), kurang lebih pukul 17.20 WIB dilaksanakan breafing dan pembahasan permasalahan TPA.

Breafing dipimpin Direktur TPA Al Hikmah Toyan, Aan, dan diikuti oleh seluruh ustadz/ah TPA. Beberapa hal yang disampaikan, diantaranya bahwa berdasarkan kurikulum TPA, pada Bulan Juni ini akan dilaksanakan ujian/evaluasi belajar semester 2 Tahun Pelajaran 2010-2011.

Lebih lanjut, Aan berharap kepada ustadz/ah, agar kurikulum yang telah ada dipahami untuk kemudian menjadi acuan pembelajaran. Selain itu perlu adanya peningkatan kompetensi mengajar dari ustadz/ah. Dengan sinergi tersebut, diharapkan transfer keilmuan akan berjalan lebih optimal dan dapat diterima dengan baik oleh santri.

Dalam proses pembelajaran, pengoptimalan transfer ilmu tentu menjadi sebuah keharusan. Namun dalam pelaksanaannya, seringkali terdapat kendala, baik faktor intern (dari diri ustadz/ah sendiri) maupun faktor ekstern (santri, wali santri dan lingkungan). Beberapa saran bagi untuk ustadz/ah diantaranya :
1. Menjaga niat dan komitmen.
2. Menjaga semangat dan istiqomah.
3. Meningkatkan kompetensi mengajar.
4. Meningkatkan kemampuan substansi materi.
5. Memberikan suri tauladan yang baik.

Memang, mengajar kepada anak-anak tidaklah mudah. Dibutuhkan kesabaran. Dalam kesempatan itu juga, Aan memberikan motivasi, bahwa keimanan setiap manusia kadang naik dan turun. Suatu saat, semangat ini begitu membara. Tapi disisi lain kadang malas pun datang. Itu suatu kewajaran. Berusahalah tetap semangat, yakinlah bahwa semua hambatan dan kerikil permasalahan itu pasti akan dapat terselesaikan. Allohu A’lam. *[adm]

Facebook Comments
0 Blogger Comments