:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Jumat, 05 Juli 2013

Tips Siap Menyambut Ramadhan

[alhikmahtoyan.blogspot.com]Tips siap menyambut Ramadhan. Ketika akan memasuki bulan rajab, Rasulullah SAW mengajak umatnya berdoa agar Allah SWT mengizinkan kita dipertemukan pada bulan yang penuh berkah yakni Ramadhan. “Allahumma baarik lanaa fii rajabin wa sya’baana wa ballighnaa ramadhanaana.” (ya Allah berkahilah kami di dulan Rajab dan Sya’ban, serta pertemukanlah kami dengan Ramadhan (Riwayat Baihaqi). 

Beberapa tips siap menyambut ramadhan diantaranya, Pertama, Persiapan Ruhaniah, yaitu dengan cara membersihkan hati dari penyakit aqidah sehingga melahirkan niat yang ikhlas. Kedua, Persiapan Fikriah. Sebelum Ramadhan sebaiknya kita membekali diri dengan ilmu agama yang terkait langsung dengan Ramadhan. Misalnya, kewajiban puasa, keutamaan puasa, hikmmah puasa, syarat dan rukun puasa, serta hal-hal yang membatalkan puasa.

Ketiga, Persiapan Jasmaniah. diantaranya,  puasa sunah. Puasa memerlukan kekutan fisik yang prima. Karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan sehingga Ramadhan bisa kita isi dengan ibadah yang maksimal. Mari biasakan diri berpuasa sunnah sebelum Ramadhan tiba. Sebab, ibadah sunnah merupakan bentuk kasih sayang Allah kepada kita,karena bisa menutupi kekurangan kita pada ibadah fardhu. Selain itu, menambah pahala kita.

Beberapa puasa sunnah yang dianjurkan Rasulullah SAW diantaranya Puasa Senin-Kamis. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, Rasulullah SAW bersabda, “berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (Riwayat Tirmidzi no.747.Shahih dilihat dari jalur lainnya). Ayyamul Bidh, yakni berpuasa pada setiap tanggal 13,14, dan 15 di bulan Hijriyah. Puasa lainnya adalah Puasa Daud, Cara melakukan pusa daud adalah sehari berpuasa dan sehari tidak.

Olahraga. Banyak manfaat yang kita dapat dari kegiatan tersebut. Untuk itu, buatlah jadwal olahraga rutin sejak sekarang, agar tubuh bugar di saat Ramadhan. Selanjutnya adalah bekam (hijamah). Bekam merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan.


Keempat, mengkonsumsi makanan yang sehat dan halal. Islam mempunyai etika soal makan, tak lain agar manusia menjadi sehat, baik jasmani maupun ruhaninya.

Tips menghadapi ramadhan yang laen adalah Persiapan Muliah, Persiapan ini bukan untuk menyediaksan kue-kue lezat, membeli baju baru, kita memerlukan dana untuk memperbanyak sedekah, infaq, zakat, dan memberi buka puasa orang lain. Nah, setelah kita mengetahuai betapa spesialnya Ramadhan, marilah kita perlakukan sebaik mungkin dan mengisinya hanya dengan kebaikan.

Demikian beberapa tips siap menyambut ramadhan, semmoga kita diberikan kekuatan dalam menjalankan ibadah selama ramadhan 1434 Hijriyah tahun ini. Aamiin. *[adm]

Referensi : Suara Hidayatullah

Facebook Comments
0 Blogger Comments