:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Minggu, 28 Agustus 2011

Khataman Al Qur’an 1432 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Setelah kurang lebih mentadabburi Al Qur’an selama kurang lebih 26 hari, Jumat, 26 Agustus 2011, Keluarga Besar Masjid Al Hikmah Toyan laksanakan khataman.

Layaknya tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan khataman pada tahun ini digelar pada malam 26 Ramadhan. Penentuan tanggal tersebut didasarkan dengan pertimbangan bahwa, biasanya setelah pelaksanaan khataman, jamaah mulai enggan untuk melaksanakan tadarus Al Qur’an di masjid, karena beranggapan bahwa sudah dilaksanakan khataman.

Namun, alhamdulillah anggapan itu tidak benar sepenuhnya. Buktinya Sabtu, 27 Agustus 2011 atau satu hari setelah pelaksanaan khataman, tadarus Al Qur’an masih dilaksanakan, walaupun jumlahnya sedikit serkurang dari hari-hari biasanya.

Pelaksanaan khataman sendiri diawali dengan penampilan adik-adik Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA) Al Hikmah Toyan yang membacakan beberapa surat akhir dari Juz Amma (Juz 30), kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Doa Khotmil Qur’an oleh Ketua Takmir Masjid, Drs. Slamet Riyadi.

Seperti biasa, acara khataman nampaknya tak lengkap kalau belum ada sedan ijo. Yaitu acara makan yang menunya dibungkus dengan daun pisang yang berwarna hijau (ijo).

Seuntai doa teriring, semoga Al Qur’an yang telah ditadabburi selama Bulan Suci Ramadhan tahun ini membawa kebaikan dan keberkahan, khususnya bagi pembacanya dan umumnya bagi jamaah Masjid Al Hikmah Toyan.

Tak cukup sampai disitu, semoga Al Qur’an tidak sekedar menjadi pajangan di rak-rak kantor-kantor ataupun rumah-rumah. Namun juga dapat dibaca, dipahami dan diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari. Aamiin. *[adm]
Referensi : Tadarus, Semoga Tidak Berhenti | Nuzulul Qur’an 1432 Hijriyah

Facebook Comments
0 Blogger Comments