:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Sabtu, 13 Agustus 2011

Kultum Remaja : Latih Keberanian Tanpa Kurangi Esensi

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Sebagai bagian dari pembinaan kader, setiap Bulan Ramadhan dilaksanakan Kuliah Tujuh Menit (kultum) oleh Remaja Islam Masjid dan Santri Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA).

Kegiatan Kuliah Tujuh Menit (kultum) sendiri, dilaksanakan setelah Shalat Isya’ berjamaah, sebelum pelaksanaan Shalat Tarawih. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kuliah Tujuh Menit (kultum) ini tidak disampaikan oleh Ustadz sebagaimana Tausyiah bakda Shalat Subuh.

Remaja Islam Masjid (Rismas) dan Santri Taman Pendidikan Al Qur’an (TPA), diberikan kesempatan untuk menyampaikan Kuliah Tujuh Menit (kultum) tersebut. ”Ini agenda rutin Remaja Islam Masjid (Rismas) setiap Ramadhan, dan kultum diisi oleh Rismas dan santri TPA”, kata Aan, Kepala Bidang Pendidikan Takmir Masjid.

Lebih lanjut Aan menambahkan, bahwa tujuan utama dari pelaksanaan kultum ini adalah dalam rangka pembinaan kader dalam hal melatih keberanian untuk tampil dan menyampaikan materi dihadapan jamaah.

”Adapun dalam hal esensi materi yang disampaikan, itu nomor dua. Yang terpenting adalah bagaimana berani tampil”, sambung Aan. Tapi tentu, pendampingan terhadap materi yang disampaikan, tetap dilakukan secara bertahap guna perbaikan di masa mendatang.

Dengan adanya Kuliah Tujuh Menit (kultum) ini, diharapkan kebiasaan berani tampil dan mengemukakan pendapatnya di hadapan umum akan tercipta. Semoga. *[adm]
Referensi : Generasi Muda Asset dan Kader | Persiapkan Generasi Tangguh

Facebook Comments
0 Blogger Comments