:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
do follow

Website Masjid Al Hikmah Toyan

| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Kamis, 09 Juni 2011

Pelaut Tangguh (Datang) Dari Laut Yang Ganas

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Tidak semua jalan itu lurus dan mulus. Pasti ada banyak cabang disana sini, begitu juga gundukan dan lubang. Sadarilah bahwa hal itu adalah bagian dari getir manisnya kehidupan.

Dapat tersenyum atau bahkan tertawa itu keinginan semua orang. Dalam setiap kegiatan yang dilakukan, kita pasti berharap semua akan berakhir dengan senyuman indah, yang menandakan kita puas dengan apa yang telah kita perbuat.

Namun, pernahkah kita berpikir bahwa senyuman yang kita peroleh itu adalah bagian yang tidak terpisahkan dari serangkaian proses. Apakah proses yang kita lakukan itu, selalu kita lewati dengan mudah, seindah senyuman kita ketika menikmati hasil itu ? Mungkin tidak.

Ada kalanya, “senyuman” yang kita peroleh itu, dilalui dengan proses yang tidak mudah, jatuh atau bahkan ”berdarah-darah”. Berbahagialah bagi orang yang jatuh, namun tidak “nglokro”, tetapi menyadari bahwa jatuh adalah bagian dari proses menuju “tersenyum” untuk kemudian mencoba menjadi lebih baik.

Banyak anak muda masa kini yang berpikir instan, berorientasi pada hasil tanpa memperdulikan proses. Contoh kecil, seorang pelajar beranggapan, tak perlu belajar yang penting bisa lulus. Mereka tak perduli apakah mereka paham atas pelajaran yang mereka peroleh disekolah atau tidak. Akhirnya mereka menggunakan segala cara agar lulus, bahkan mungkin dengan cara-cara yang curang.

Idealnya, dalam kegiatan yang kita jalani, setiap proses yang ada harus dijalani dengan segala daya dan upaya yang maksimal, selain doa tentunya. Tak perlu takut gagal dengan proses yang telah kita lakukan. Insya allah, usaha yang telah kita lakukan, akan berbanding lurus dengan hasil yang akan kita peroleh.

Adanya banyak cabang disana sini, gundukan dan lubang, jika disikapi sebagai sebuah bagian dari proses kehidupan, tentu akan membuat perjuangan itu menjadi indah. Lebih mendewasakan diri, lebih membuat kita tangguh dalam menghadapi segala permasalahan. Bukankah pelaut yang tangguh akan datang dari laut yang ganas. Allohu A’lam. *[adm]

Ditulis oleh : Aan [Direktur TPA Al Hikmah Toyan]

Facebook Comments
5 Blogger Comments