:: Selamat Datang di Official Website Masjid Al Hikmah Toyan. Semoga bisa menjadi media berbagi dan media silaturahmi untuk saling memotivasi. Tingkatkan Ukhuwah, Jaga Istiqomah. Salam Ikhuwah. Indahnya Berbagi - Mari Menuju Kebaikan dan Perbaikan ::.
| Secara Bertahap Website Ini Akan Migrasi Ke Rumah Baru Kami | www.alhikmahtoyan.org

Sabtu, 12 November 2011

Penyembelihan Hewan Kurban 1432 Hijriyah

[alhikmahtoyan.blogspot.com] – Ahad, 06 Nopember 2011, selepas Shalat Idul Adha 1432 Hijriyah dilaksanakan penyembelihan hewan kurban di Komplek Masjid Al Hikmah Toyan sejumlah 6 ekor Sapi dan 4 ekor kambing.

Kegiatan penyembelihan hewan kurban sendiri dilaksanakan bakda Shalat Idul Adha, dan dilaksanakan di utara komplek Masjid Al Hikmah Toyan. Berbeda dengan penyembelihan Tahun 1431 Hijriyah yang lalu, hewan kurban yang disembelih tahun ini mengalami peningkatan dalam hal jumlah dari 4 ekor sapi menjadi 6 ekor. Sementara itu jumlah kambing dari tidak ada menjadi 4 ekor.

Dalam konteks berbagi, selama beberapa tahun terakhir Masjid Al Hikmah Toyan selalu menyisihkan beberapa kilogram daging atau beberapa hewan kurban untuk disalurkan kepada saudara-saudara muslim yang masih kekurangan diluar jamaah masjid.

Tahun ini sebanyak 4 kambing disalurkan ke daerah minim diantaranya ke wilayah Girimulyo sejumlah 2 ekor kambing, Gunung Pentul, Pengasih 1 ekor kambing dan ke Panti Asuhan Al Azhar sejumlah 1 ekor kambing.

Harapannya di tahun-tahun mendatang kesadaran akan berkurban ini akan terus bertambah. Dalam berkurban, hewan yang disembelih tidak perlu besar, namun yang penting tetap memperhatikan atau memenuhi syarat yang telah ditentukan secara syar’i. ”Lebih bagus kalau yang terbaik, gemuk dan besar, tapi kalau tidak yang penting memenuhi syarat”, kata Wagiran, Kepala Bidang Pembangunan Takmir Masjid.

Wagiran menambahkan bahwa, harga kurban jangan sampai memberatkan shohibul qurban. Hanya karena harga hewan kurban yang mahal menjadikan seseorang tidak jadi berkurban. ”Itu tidak boleh terjadi”, lanjutnya.

Lebih dari itu, semangat berkurban yang diwujudkan dalam menyembelih hewan dalam rangka mendekatkan diri (taqarrub) kepada Sang Rahman pada tahun ini, diharapkan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga. Aamiin. *[adm]
Referensi : Kurbanan 1431 Hijriyah

Facebook Comments
0 Blogger Comments